Senin, 15 Februari 2016

Resep Membuat Yogurt dan Cara Membuatnya

resep yogurt
Resep Membuat Yogurt dan Cara Membuatnya

Bahan-bahan Yogurt Cimory :

  • Susu cimory atau susu sapi murni 1 liter
  • Biang yogurt / bibit yogurt atau yogurt plain 50 mili liter atau 1/2 cangkir ( yogurt plain tersedia di supermarket, gunakan biang yogurt yang masih mengandung bakteri yang masih hidup atau bakteri probiotik)

Cara Membuat Yogurt Sendiri Yang Mudah :

  1. Langkah awal tuang susu yang sudah disediakan tadi kedalam panci. kemudian panaskan dengan kompor yang menggunakan api kecil atau dapat juga menggunakan oven yang menggunakan temperatur sekitar 85 derajat celcius sambil di aduk-aduk adonan susu tersebut secara perlahan.
  2. Selanjutnya bila dirasa cukup angkat adonan susu lalu dinginkan. untuk mendinginkan adonan susu bisa mencelupkan panci ke dalam baskom atau wadah besar yang diberi air dingin. aduk adonan susu secara perlahan sampai temperatur adonan susu mendingin kira-kira temperatur 23 derajat celcius.
  3. Setelah itu bila adonan sudah mencapai temperatur yang diinginkan, lalu tuangkan yogurt plain atau yogurt dengan bakteri yang masih hidup kedalam panci yang berisi adonan susu tadi. aduk kembali hingga adonan susu dan yogurt plain tercampur dengan baik dan rata.
  4. Langkah berikutnya pindahkan adonan ke dalam wadah yang bersih lalu tutup rapat adonan atau bisa ditutup dengan plastik secara rapat yang bertujuan proses inkubasi berjalan dengan bagus.
  5. Dalam proses inkubasi ini anda cukup mendiamkan adonan susu atau cairan yoghurt agar bakteri tumbuh dan berkembang. proses ini membutuhkan waktu kurang lebih selama 7 jam dalam temperatur 38 derajat celcius. semakin lama cairan yogurt didiamkan, semakin tinggi juga tinggat keasamannya dan tekstur yogurt akan menjadi semakin kental.
  6. Langkah akhir setelah cairan yogurt didiamkan selama 7 jam atau lebih menurut kekentalan yang diinginkan, yogurt rumahan yang enak dan sehat pun siap untuk dinikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar